Sabtu, 10 Oktober 2015

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik - Salah satu keuntungan menanam tanaman hidroponik adalah kita tidak perlu menyirami tanaman tersebut setiap hari. Banyak sekali jenis sayuran dan tanaman yang ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Dan salah satunya adalah sayuran kangkung. Untuk menanam kangkung secara hidroponik dapat dikatakan cukup mudah dan juga dapat menghasilkan sayur kangkung yang berkualitas baik.


Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik
Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Untuk menanam kangkung secara hidroponik, bahan yang dibutuhkan adalah benih kangkung berkualitas tinggi, rockwool yang sudah dipotong sebesar 2×2 cm. Lalu dilubangi sesuai benih yang akan ditanam, bisa 2 hingga 4 benih dalam 1 rockwool. Pada saat kangkung sudah mulai berumur 1 hingga 2 minggu maka kangkung yang kita tanaman sudah siap untuk dipindahkan ke dalam sistem hidroponik.

Namun sebelumnya anda harus menyiapkan alat sebagai media tanam hidroponik :

  1. Botol air mineral yang alasnya berbentuk persegi (tabung persegi). 
  2. Gelas plastik bekas sebagai pengganti pot yang telah diberi lubang di bagian samping sebesar 0.5 hingga 1cm.

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Cara membuat media tanam kangkung yaitu dengan
  • Lubangi bagian samping botol sesuai ukuran diameter gelas plastik karena nantinya gelas plastik ini akan ditempatkan pada lubang air mineral tersebut. 
  • Posisi botol nantinya akan horizontal (tidur) dengan lubang yang nantinya akan menghadap ke atas dengan terdapat gelas plastik pada lubang-lubangnya. 
  • Menyiapkan nutrisi yang akan digunakan untuk menyuburkan benih kangkung yang telah disemai tadi. Nutrisi untuk kangkung yaitu ppm di kisaran 300 hingga 500. Dan selanjutnya makin bertambah hingga 1.000 ppm.

Setelah 1 hingga 2 minggu anda bisa langsung memindahkan pot/gelas plastik pada botol yang sudah diisi larutan air dan nutrisi yang telah kita siapkan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada larutan air dan nutrisi tersebut. Jika kangkung yang anda tanam sudah tumbuh dengan lebat maka itu artinya kangkung anda sudah bisa dipanen, dan artinya tanaman kangkung hidroponik anda berhasil. Begitulah cara menanam kangkung secara hidroponik yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

0 komentar:

Posting Komentar